Informasi Selular Indonesia

Gudang informasi selular Indonesia

Perbandingan Tarif Internet Time Based Antar Operator

Sebagai lanjutan dari postingan sebelumnya yaitu: “Perbandingan Tarif Internet Volume Based Antar Operator dengan Kartu SIM Standard”, maka kali ini penulis akan membandingkan tarif time based antar operator. Juga dalam bagian ini akan dibagi dua yaitu tarif dengan pulsa regular dan tarif paket.

Tarif volume based lebih adil dibandingkan dengan tarif volume based, karena kita hanya membayar sesuai dengan data yang kita gunakan. Sedangkan tarif time based cenderung dimanfaatkan dan disalah gunakan untuk menyedot bandwidth sebesar-sebesarnya. Oleh karena itu layanan time based akan membuat jaringan macet jika disatukan dengan volume based. Oleh karena itulah setiap layanan sebaiknya dipisahkan jalur datanya oleh operator penyedia layanan.

Orang yang memilih layanan time based biasanya adalah orang yang suka online di jam-jam senggang (larut malam  sampai dini hari) karena persaingan penggunaan internet pada saat tersebut jauh lebih rendah.

Layanan time based dengan kualitas bagus biasanya tarifnya sangat mahal. Jika tarifnya murah dapat dipastikan kualitasnya rendah.

Time Based: Pulsa Reguler

Dalam table berikut akan dibandingkan tarif layanan time based non-paket antar operator dalam satuan menit.

Tarif Internet Time Based antar Operator non Paket

Axis, Fren, Telkomsel, XL, Three, Fren dab Smart tidak punya layanan time based, mengapa? Mungkin karena alasan yang sudah dikemukakan di atas yaitu tarif volume  based lebih adil.

Time Based: Paket

Hanya ada dua Operator yang menyediakan layanan internet paket berdasarkan time based yaitu Telkom Flexi dan Smart. Berikut ini penulis tampilkan daftar perbandingan layana tersebut. Sebelumnya perlu diketahui bahwa hanya Smart satu-satunya operator CDMA yang menggunakan Frekuensi 1900MHz. 

Tarif Internet Time Based antar Operator dengan Paket

Catatan:

  1. Pada Telkom Classy ada perbedaan tarif di website resminya, ada yang sama dengan Flexi Trendy ada yang lebih murah seperti yang tercantum di tabel.
  2. *Smart Platinum upload Speed 384kbps sementara Ultimate upload speed 1,8Mbps.

Tidak banyak yang dapat disimpulkan dari perbandingan tersebut, dapat ditebak bahwa meskipun murah pasti kualitasnya kurang bagus oleh karena ketiadaan limit. Seharusnya kedua operator di atas tetap harus menerapkan limit meskipun agak besar, 1 GB misalnya untuk paket yang paling rendah. Itupun sudah tergolong murah tapi cukup efektif untuk meningkatkan kualitas layanan.

23 March 2010 - Posted by | Operator | , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

1 Comment »

  1. […] layanan internet volume based antar operator dengan menggunakan kartu SIM standard. Untuk  layanan time based dan kartu SIM khusus untuk internet akan dibahas dalam postingan terpisah. Enaknya punya kartu […]

    Pingback by Perbandingan Tarif Volume Based Internet Antar Operator dengan Kartu SIM Standard « Informasi Selular Indonesia | 23 March 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: