Informasi Selular Indonesia

Gudang informasi selular Indonesia

Perbandingan Tarif Volume Based Internet Antar Operator dengan Kartu SIM Standard

Setelah jor-joran operator selular menurunkan tarif telepon dan sms, sekarang giliran tarif internet mengalami penurunan harga. Meskipun tarif yang ada sekarang masih lebih mahal dari tarif luar negeri, tapi sudah jauh lebih murah dari tarif dua atau tiga tahun lalu. Sebagai contoh tarif gprs kartu Mentari yang dahulu 10 rupiah per kilobyte (kB) kini turun hanya menjadi 1 rupiah per kB, sama dengan tarif internet IM3. 

Tarif sekarang sudah tergolong murah jika kita menggunakan telepon seluluer untuk berinternet, tetapi kalau kita menggunakannya sebagai modem ke computer, maka akan terasa sangat mahal. 

Diharapkan tarif internet seluler di Indonesia dalam waktu dekat akan mendekati tarif di negara2 tetangga seperti Singapur misalnya. 

Dalam tulisan ini penulis akan membandingkan layanan internet volume based antar operator dengan menggunakan kartu SIM standard. Untuk  layanan time based dan kartu SIM khusus untuk internet akan dibahas dalam postingan terpisah. Enaknya punya kartu seperti ini adalah praktis, tidak usah gonta-ganti kartu saat nelfon/SMS maupun Internet. Tarifnyapun bersaing dengan yang menggunakan kartu SIM khusus internet.

Volume Based
Pada layanan volume based, pembayaran dihitung berdasarkan data yang digunakan oleh user. Satuan yang digunakan adalah per kiloByte (kB) data. Pada skema ini masih dibagi dua jenis yaitu akses normal, yaitu kita mengakses internet dengan pulsa reguler kita, dan akses dengan membeli paket internet dengan jumlah data tertentu misalnya 5 MB. 

Volume Based: Pulsa Reguler
Perbadingan tarif internet antar operator denga pulsa regular dapat dilihat pada tabel berikut. (dalam rupiah per kilobyte). 

Tabel Tarif Volume Based non Paket Semua Operator

*Indosat Prabayar : Mentari, IM3 dan starone (CDMA), Paska bayar: Matrix
*Telkomsel prabayar: AS dan Simpati, Paska bayar: kartu HALO
*XL prabayar: Jempol (discontinue), Bebas, Paska bayar: Explor
*Penulis tidak dapat dapat memperoleh tarif internet Axis prabayar. 

Berdasarkan tabel tersebut maka dapat disimpulan bahwa Indosat adalah yang paling murah untuk akses internet dengan pulsa reguler. Walaupun Indosat bukanlah yang terbaik dari segi kualitas jaringan. Seperti biasa harga menentukan kualitas. 

Biasanya tarif paska bayar lebih murah dari tarif prabayar, namun dalam hal internet semua operator menggunakan tarif yang sama untuk pra dan paska bayar, kecuali kartu Fren. 

Volume Based: Paket
Perbandingan tarif internet antar operator dengan pulsa paket dapat dilihat pada tabel berikut. 

Perbandingan Tarif Internet antar operator Volume Based Paket

Catatan: 

  1. Operator-operator lain yang tidak tercantum tidan mempunyai internet paket volume based, setidaknya tidak ada di website resminya.
  2. Semua tabel di atas hanya untuk operator GSM, karena tidak ada kartu CDMA yang mempunyai paket internet
  3. Axis menggunakan perhitungan per 10 kB, sehingga tarif aktualnya lebih tinggi dari yang tercantum

Dari tabel di atas dapat disimpulkan secara rata-rata, kartu Halo dari Telkomsel adalah yang paling murah dengan rata-rata tarif < 0.14 rupiah/kB. Yang penulis tidak ketahui adalah apakah layanan kartu Halo seperti layanan Telkomflash yang sudah terkenal kurang bagus? 

Untuk kartu AS/Simpati dari telkomsel, penulis merasa bahwa data yang ada di website telkomsel tidak sesuai/tidak update dengan tarif yang saat ini berlaku.

About these ads

20 March 2010 - Posted by | Operator | , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

2 Comments »

  1. […] Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging! Possibly related posts: (automatically generated)Hello […]

    Pingback by Hello world! « Informasi Selular Indonesia | 20 March 2010 | Reply

  2. […] Tarif Internet Time Based Antar Operator Sebagai lanjutan dari postingan sebelumnya yaitu: “Perbandingan Tarif Internet Volume Based Antar Operator dengan Kartu SIM Standard”, maka kali ini penulis akan membandingkan tarif time based antar operator. Juga dalam bagian ini […]

    Pingback by Perbandingan Tarif Internet Time Based Antar Operator « Informasi Selular Indonesia | 23 March 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: